Tips Melewati Banjir

Tips Melewati Banjir

Jakarta – Genangan air menyebabkan aquaplaning. Efeknya akan makin parah bila ukuran mobil anda sudah terlalu lebar ( tidak standart), bidang yg menabrak air lebih besar dan menahan laju kendaraan. Bila tidak bisa menghindari, kurangi kecepatan saat menerobos genangan, jangan injak rem, pegang stir lebih kuat.

Dan apabila sebelah ban yang kena, waspada dengan tarikan di stir saat ban melewati genangan, ikuti arah tarikan dan counter dengan pelan.

Jika kendaraan anda berpenggerak depan dan terpaksa menabrak genangan air dengan kecepatan tinggi jangan juga menginjak rem, tambah gas dan jaga posisi stir, cara ini akan membuat mobil cenderung bergerak lurus. Berikut tips lengkapnya :

  • Pastikan anda sudah mengenal rute dan kondisi jalan
  • Sebisanya pantau genangan air dengan mencari titik terdalam. Trotoar atau separator bisa jadi patokan atau        perhatikan ketinggian air pada ban mobil lain. Air setinggi setengah ban menandakan keadaan masih normal.
  • Pastikan lewati genangan secara perlahan, sebab cipratan air adalah penyebab basahnya koil atau distributor penyebab mogok. Jangan pikirkan knalpot krn kecil sekali kemungkinan air akan tersedot.
  • Jaga dengan kecepatan konstan serta jangan menginjak pedal kopling (setengah kopling), pakai gigi rendah (1) dengan rpm sekitar 1500 atau 2000 dan usahakan jangan berhenti di tengah2, sebab saat melaju konstan dorongan mobil akan menciptakan gelombang haluan di sisi mobil hingga ruang mesin aman meskipun genangan cukup tinggi.
  • Matikan AC saat menerjang genangan cukup tinggi, putaran fan elektrik dapat menciptakan cipratan yang membasahi ruang mesin.
  • Setelah melewati genangan, jalan perlahan dan injak pedal rem setengah dengan kaki kiri untuk mengeringkan brake pad yang basah, sebab basah sama dengan rem blong.

Semoga bermanfaat…

Salam Defensive Driving
Kiriman dari : GA – 194

*Dikutip dari panduan Defensive Driving IDDC

4 thoughts on “Tips Melewati Banjir

  1. Jika terpaksa terobos banjir, ada baiknya box filter udara bagian atas dilonggarkan/dibuka, agar udara yg disedot mesin lsg dr bagian atas, tidak melalui belalai yg diputar kebagian bawah mobil, rentan terhadap kebocoran. Jika ada kebocoran dr belalai tsb, justru malah air gamlang tersedot masuk keruang bakar walau ketinggian air cuma 30cm.
    Sumber: SA beres ciputat. #cmiiw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *